Mengenal Mengerti   penyakit diabetes melitus

komplikasi diabetes

Komplikasi Diabetes

Apa itu penyakit diabetes melitus? Penyakit Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis atau  penyakit gula  adalah  penyakit yang dapat memicu terjadinya rentetan  penyakit lain yang cukup banyak.
Penyakit Diabetes Mellitus  ini menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Populasi  penderitanya khususnya di indonesia  dari waktu ke waktu semakin meningkat. Studi populasi yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2000   menyebutkan, Indonesia berada di posisi keempat di bawah India (31,7 juta orang), Cina (20,8 juta), dan AS (17,7 juta orang).

Meningkatnya jumlah penderita Diabetes Melitus  sebagian besar di sebabkan oleh peningkatan obesitas ( Kegemukan) , kurang mengonsumsi makanan yang berserat, kurangnya aktivitas fisik,kebiasaan merokok, dan tingginya lemak.

Informasi dalam blog ini tidak di maksudkan untuk menakut-nakuti  pembaca akan timbulnya komplikasi akibat  Penyakit Diabetes Mellitus , melainkan  bertujuan untuk :

  1. Mengenal apakah Penyakit Diabetes Mellitus  itu
  2. Tahu dan mengerti bagaimana melakukan usaha pencegahan  terhadap Penyakit Diabetes Mellitus
  3. Mengetahui bahwa sebenarnya Penyakit Diabetes Mellitus   itu tidak berbahaya asal tidak di remehkan dengan mengikuti pola makan diabetes  dan pola hidup sehat
  4. Mengerti dan Menyadari bahwa sebenarnya Penyakit Diabetes Mellitus   bisa di sembuhkan  bahkan dengan pengobatan herbal alami

Sejarah Singkat Penyakit Diabetes Mellitus

Gejala Gejala diabetes

Gejala Gejala diabetes

Penyakit Diabetes  sudah di kenal sejak 1552 SM  di Mesir. Pada saat itu, di Mesir di kenal sebagai  suatu penyakit  yang di tandai dengan kencing yang sering dan dalam jumlah yang banyak ( Poliurial), serta penurunan berat badan yang cepat tanpa di ketahui penyebabnya. Kemudian pada tahun 400 SM penulis india Sushratha menamakan  penyakit tersebut  dengan penyakit kencing madu ( honey urine disease)

Akhirnya  pada tahun 200 SM , Aretaeus  dari Yunani, menggambarkan sifat destruktif dari penderitaan yang ia beri nama “diabetes” dari kata Yunani untuk diabaínein, tembus atau pancuran air)

Dokter di zaman kuno, seperti Aretaeus, mengakui gejala diabetes, tetapi tidak berdaya untuk secara efektif mengobatinya. Aretaeus merekomendasikan minyak mawar, quince mentah, dan bubur. Dan hingga akhir abad ke-17, dokter meresepkan “Gelly daging ular berbisa , almond manis, dan bunga segar dari jelatang buta.”

Meskipun banyak upaya berani dari dokter ‘untuk memerangi diabetes, Namun pasien mereka tetap tidak  lebih dari kelinci percobaan. Pada awal abad 20, diabetologists seperti Dr Frederick Allen meresepkan makanan rendah kalori dengan diet ketat  kurang dari  450 kalori per hari untuk pasiennya. Dietnya memang memperpanjang hidup penderita diabetes, tapi membuat mereka lemah dan menderita kelaparan . Akibatnya, kebanyakan orang yang menderita diabetes menjadi putus asa dan  secara membabi buta menawarkan dirinya untuk riset dan percobaan kepada lembaga kesehatan sambil  berdoa untuk kesembuhan

Penyebab-penyebab  Penyakit Diabetes Melitus

makanan tidak sehat

makanan tidak sehat

Pada dasarnya, Penyakit Diabetes Mellitus   di sebabkan  hormon Insulin penderita  tidak mencukupi, atau tidak dapat bekerja  normal. Hormon Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Setelah kita makan, insulin dilepaskan oleh pankreas. Insulin memungkinkan semua sel dalam tubuh kita untuk mengambil glukosa dari darah untuk di ubah menjadi energi. Tanpa adanya insulin, seberapapun kita makan, maka makanan tidak akan sampai ke sel-sel tubuh kita sehingga  kita tatap merasa lemas kurang ber-energi.Singkatnya hormon Insulin  mempunyai peran utama untuk mengatur kadar gula ( glukosa) dalam darah.

Terjadinya Penyakit Diabetes  awalnya disebabkan oleh gaya hidup 90% dan genetika 10%. Gaya hidup tidak sehat, obesitas, pola makan yang buruk (lemak jenuh tinggi, makanan glikemik tinggi) dan sejarah keluarga adalah prediktor kuat untuk diabetes masa depan.

Makanan tinggi glikemik adalah: pasta, roti putih, beras putih. Makanan tinggi glikemik setelah masuk dalam tubuh akan diubah menjadi gula dalam usus kita dengan segera dan dilepaskan ke dalam aliran darah. Makan-makanan yang rendah  glikemik seperti   sayuran dan daging tanpa lemak dapat membantu mencegah dan mengendalikan diabetes.

Selain hal di atas  para peneliti percaya penyakit diabetes melitus  bisa juga disebabkan oleh  infeksi virus atau pemicu lain seperti racun yang merusak pankreas atau mendesak  sistem kekebalan tubuh dan  menyerang sel-sel beta dalam pankreas.  Setelah sel beta pankreas diserang, mereka tidak mampu memproduksi insulin yang cukup. Dengan tidak adanya insulin, glukosa dalam darah tidak bisa lagi masuk ke dalam sel dalam tubuh. Akibatnya, ada kenaikan kadar glukosa darah. Hal ini pada gilirannya menyebabkan tubuh mulai memecah protein dan lemak untuk memenuhi  energi dan membiarkan kadar glukosa tinggi dalam darah.

Kadar Gula Darah Normal

Kadar Gula darah NormalKadar  gula  di dalam darah orang  di katakan normal adalah bila kadar gula di dalam darah berada pada level kurang dari 100 mg/dL saat berpuasa dan kurang dari 140 mg/dL  dua jam setelah makan atau berada pada level yang lebih rendah dari  nilai ambang batas normal  tersebut.

Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus

Kadar gula darah penderita diabetes adalah bila berada pada tingkat yang lebih tinggi dari ambang batas normal  yakni lebih dari 126 mg/dL saat berpuasa dan lebih dari 200 mg/dL  dua jam setelah makan.

Cara Sederhana Mengelola Penyakit Diabetes

1.Kelola Makanan anda

menu-diet-diabetes

menu-diet-diabetes

Mengelola diabetes   adalah  mengelola makanan anda. Dengan kata lain, penting untuk membuat rencana diet sehat yang akan membantu menjaga gula darah anda secara terkontrol. Selain itu, juga berarti bahwa anda harus menghitung jumlah kalori yang anda makan, termasuk jumlah karbohidrat yang anda masukkan dalam diet yang anda diciptakan untuk mengelola diabetes.

Mengelola makanan juga termasuk mengelola ukuran porsi makan anda. Penting untuk dicatat bahwa sebuah piring makan yang ideal tidak harus besar, melainkan harus memiliki diameter sembilan inci atau kurang. Ketika menaruh makanan dalam  piring para  ahli gizi dan ahli diet membagi piring menjadi dua bagian dengan menggambar garis vertikal di tengah. Setengah dari piring kemudian harus dibagi lagi menjadi dua bagian dengan menggambar garis horizontal.

Ketika mengelola diabetes  kita  mengisi setengah piring   dengan sayuran alami , terutama yang non-tepung . Dalam seperempat  bagian anda dapat menempatkan karbohidrat dan seperempat lainnya anda dapat  menempatkan protein.

2.Memilih makanan  kecil ( Snack )

snack-diabetes

snack-diabetes

Dalam mengelola diabetes sangat penting untuk mengatur frekwensi makan  sehingga anda makan setidaknya 3 kali per hari dengan menggunakan rumus di atas untuk mengisi piring Anda. Para ahli gizi menyarankan  Anda untuk mengudap hanya  2-4 kali makanan kecil ( snack) setiap hari. Namun, harus di perhatikan  untuk menghindari makanan olahan, makanan yang kaya lemak trans/gorengan  dan lemak jenuh serta makanan bertepung

Pilihlah makanan seperti  sayuran, buah-buahan, biji-bijian, makanan berserat tinggi ,  produk susu, produk kedelai, ikan dan telur, yang semuanya diperlukan untuk asupan protein yang cukup.

3.Buat rencana diet yang tepat

Dengan bantuan konsultan  ahli gizi sangat penting untuk membuat rencana diet yang tepat ketika mengelola diabetes. Penting untuk dicatat bahwa diet diabetes tidak perlu hambar namun sebenarnya dapat menarik, asalkan anda dapat mengatur dan mengetahui nilai gizi dan kandungan dari masing-masing bahan makanan.

Ahli gizi Anda dapat membantu Anda membuat daftar makanan untuk  dimasukkan dalam  menu diet diabetes  anda. Demikian pula, mereka juga dapat membantu Anda dengan resep yang berbeda yang akan membuat diet diabetes  anda menjadi lebih nikmat.

4.Olah Raga  dan kegiatan fisik

olah raga diabetes

olah raga diabetes

Hal yang penting dalam mengelola diabetes  adalah aktivitas olah raga  atau aktivitas fisik lainnya. Hal ini  tidak hanya akan membantu anda dalam menjaga berat badan tetapi juga akan memungkinkan Anda membuat diet yang sempurna.

Meskipun anda  kuat untuk melakukan olah raga 30 menit dalam sehari  anda harus memulainya  secara bertahap  dengan mulai dari  5 menit setiap hari pada awalnya, penting untuk perlahan-lahan kemudian meningkat menjadi setidaknya 30 menit setiap hari. Dengan demikian, Anda sebenarnya membakar kalori dan menjaga darah kadar gula anda.

5.Mengelola berat badan Anda

Selain mengendalikan pola makan dan berolahraga secara teratur, sangat penting untuk mengelola berat badan anda dalam rangka pengelolaan  diabetes .  Namun, hal ini tidak mudah dilakukan tanpa dengan bantuan makan yang benar dan olahraga yang  teratur.  Menjaga berat badan agar selalu  di bawah kendali sebenarnya sangat membantu dalam mengontrol darah kadar gula.

6.Memantau kadar gula  secara teratur

Memeriksa tingkat gula  darah  idealnya tergantung pada rencana pengobatan yang telah anda pilih dan bisa setiap hari atau beberapa minggu. Terlepas dari apapun  yang dokter putuskan, pastikan bahwa Anda mengikutinya dengan sempurna, dan  anda secara teratur memonitor kadar gula darah anda,  karena ini akan membuat pengelolaan diabetes   menjadi semakin mudah.

Pengobatan Herbal  Diabetes

Sebagian besar dari Penderita memang tidak begitu menyadari bahwa pengobatan herbal diabetes  lebih memberikan dampak yang baik pada penderita diabetes dari pada mengkonsumsi obat-obatan kimia dari rumah sakit. Pengobatan Herbal  dewasa ini jusru merupakan salah satu penyembuh diabetes terbaik yang ada yang bisa anda coba.

Tahitian Noni Bioaktif

Tahitian Noni Bioaktif

Ada banyak sekali produk herbal yang memang saat ini di pasarkan bagi anda. Salah satunya adalah produk Tahitian Noni Bioaktif . Apakah anda sudah pernah mendengar tentang kandungan dari Tahitian Noni yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda, terutama bagi anda penderita diabetes? Noni memang telah terkenal kaya akan manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit ringan hingga kanker yang kronis. Tentu saja, noni yang di gunakan sebagai bahan utama dari minuman herbal ini tidak di tumbuhan Noni sembarangan.  Noni ini di ambil khusus dari Pulau Tahiti  dimana tidak ada disana pabrik atau polusi. Bahkan  proses pembuatan Tahitian Noni pun tidak dilakukan disana. Sehingga dapat di simpulkan bahwa noni disana sangatlah organik,  sehat dan terjamin, tidak mengandung bahan kimia.

Faktanya, Tahitian noni bisa menjadi penyembuh diabetes terbaik yang bisa meregenerasi sel pankreas anda untuk kembali aktif memproduksi insulin. Tentunya ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi Tahitian Noni Bioaktif, salah satunya adalah bahwa anda akan terhindar dari obat-obatan sehingga anda juga tidak akan rentan terkena penyakit lain yang bisa dengan mudah di bawa oleh diabetes ini. Kandungan bioaktif yang di temukan pada noni telah di buktikan mampu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak, bahkan Noni bisa di aplikasikan bagi penderita kanker. Beberapa orang yang bahkan telah mencoba Tahitian noni mengatakan bahwa mereka berhasil mengurangi dampak buruk diabetes, seperti misalnya luka yang tak kunjung sembuh pada diabetes basah bisa sembuh dengan  mengkonsumsi Tahitian noni  dengan teratur sesuai dosis yang di sarankan.

Selain itu, Noni juga sangat berguna bagi mereka yang ingin menghindari dampak diabetes karena faktor genetic dengan mengkonsumsinya secara teratur. Noni akan bekerja membantu tubuh anda memperbaiki sel Beta di pankreas dengan kandungan zat yang di sebut Proxeronine. Tahitian noni bioktif  ini di produksi dari 89% sari buah Noni atau Morinda Critrifolia dan 11% anggur dan blueberry. Dalam satu botol noni, ada banyak macam vitamin yang bisa anda dapatkan.  Selain itu  anda bisa mengkonsumsi Noni sebagai minuman yang akan memperbaiki pola hidup anda lebih baik. Jadi, jika anda ingin mengurangi dampak buruk penyakit diabetes karena faktor genetic atau anda ingin mengembalikan fungsi pankreas anda dengan baik, mengkonsumsi Tahitian Noni Bioaktif  bisa menjadi solusi herbal terbaik yang bisa disarankan kepada anda.  Baca Selengkapnya Terapi Herbal Diabetes dengan Tahitian Noni Bioaktif Klik DiSini

Share