Penyebab Diabetes

penyebab diabetes

Penyakit diabetes harus diwaspadai karena bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Pencegahan merupakan langkah terbaik dalam mengatasi penyakit diabetes. Berikut ini merupakan penyebab penyakit diabetes, antara lain:

  • Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang

Tingkat akivitas yang sangat padat seringkali menyebabkan pola makan seseorang menjadi tidak teratur dan tidak seimbang. Saat orang tersebut lapar, terkadang makanan apa saja dimakan tanpa memperhatikan efek samping dari makanan tersebut yang dikonsumsi secara berlebihan. Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang ini seringkali juga menjadikan seseorang mengkonsumsi terlalu banyak zat karbohidrat yang bisa menyebabkan naiknya kadar glukosa dalam darah sebagai akibat dari terbentuknya zat glikogen dari hasil pengolahan karbohidrat oleh tubuh.

Hal ini pada akhirnya bisa mengakibatkan ketidaknormalan fungsi sel tubuh, obesitas, tekanan darah tinggi, tingginya angka trigliserida (lemak jahat dalam tubuh), serta meningginya tingkat kolesterol dalam darah. Hal-hal tersebut tentu saja akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti jantung koroner, diabetes dan sebagainya.

  • Stress dan merokok

Saat seseorang mengalami tekanan atau stress yang tidak segera diatasi, kelenjar adrenalin dalam tubuhnya menjadi bekerja secara tidak normal. Padahal kelenjar ini bekerjasama dengan hormon insulin dalam mengatur kadar glukosa dalam darah. Jadi jika kelenjar adrenalin ini bekerja tidak normal, maka aktivitas hormon insulin pun ikut tidak normal.

Merokok pun menjadi salah satu pemicu penyakit diabetes karena zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok bisa merusak fungsi hormon-hormon dalam tubuh, termasuk terganggunya kerja hormon insulin.

  • Kurang aktivitas fisik

Kecanggihan teknologi dan modernisasi menyebabkan banyak orang malas untuk melakukan aktivitas fisik, karena kemudahan yang diperolehnya tanpa harus banyak mengeluarkan energi. Seperti lebih memilih naik lift daripada harus naik tangga untuk naik ke satu lantai diatasnya, atau lebih memilih naik motor ke kantor atau ke sekolah padahal jaraknya hanya lima menit dari rumah. Hal-hal inilah yang menyebabkan kalori tubuh tidak bisa terbakar dan hormon insulin harus bekerja ekstra dalam menguraikan zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga hormon tersebut bisa menjadi kurang peka.

  • Faktor keturunan

Para ahli medis dan ahli genetika menyatakan bahwa salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes adalah karena faktor keturunan, dimana sel-sel genetis orang tua menurun pada anaknya, termasuk sel pembawa penyakit diabetes.

Penyakit diabetes ini juga bisa menyerang fungsi kekebalan tubuh dan menyebabkan kerja sel-sel darah menjadi rusak. Sebagai contohnya jika ada orang yang terkena penyakit diabetes atau kencing manis dan orang tersebut mengalami luka, maka luka yang dideritanya lama untuk sembuh atau bahkan lukanya bisa semakin membusuk. Sehingga orang yang terkena penyakit diabetes harus lebih berhati-hati agar tidak terluka.

Pengobatan terhadap penyakit diabetes ini dilakukan dengan cara berusaha mengembalikan fungsi hormon insulin agar bisa menghasilkan kadar gula dalam darah dengan presentase yang normal atau diusahakan untuk mendekati ambang normal. Namun harga yang harus dibayar untuk pengobatan ini tentu saja tidaklah murah, karena peralatan dan obat-obatan yang diperlukan pun harganya termasuk mahal. Orang harus mengeluarkan jutaan rupiah untuk pergi ke rumah sakit guna mengobati penyakit ini.

Namun ada berita yang sangat menggembirakan bagi penderita penyakit diabetes karena ada pengobatan alami yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mengobati penyakit diabetes atau kencing manis yang dideritanya. Penelitian di sebuah lembaga riset dan teknologi pangan telah menemukan khasiat dari buah mengkudu atau buah noni (sebutan buah mengkudu oleh orang Tahiti, Hawaii). Beberapa fakta yang perlu diketahui mengenai khasiat buah mengkudu atau buah noni ini antara lain:

  • Buah mengkudu atau  buah noni ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, menjaga imunitas atau kekebalan tubuh terhadap segala penyakit, serta membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.
  • Salah satu zat yang sangat banyak terkandung dalam buah mengkudu atau buah noni adalah zat Proxeronine. Zat proxeronine ini jika masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengubahnya menjadi alkaloid hidup yang bernama Xeronine. Alkaloid xeronine inilah yang akan “menghidupkan kembali” atau meregenerasi sel-sel tubuh yang telah mati sehingga bisa hidup kembali dan menjalankan aktivitasnya sesuai fungsi sel tersebut. Zat ini juga yang membantu sel-sel yang rusak untuk bisa menyembuhkan dirinya sendiri, termasuk juga sel-sel beta pankreas yang tidak bisa berfungsi sebagai akibat dari serangan penyakit diabetes.
  • Zat-zat yang terkandung dalam buah mengkudu atau buah noni mampu membuka pori-pori sel sehingga racun di dalam sel tersebut bisa keluar dan zat-zat nutrisi bisa masuk ke dalam sel tersebut guna mengembalikan fungsi sel.

Dengan mengambil banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah mengkudu atau buah noni, maka terciptalah produk Tahitian Noni Juice yang mengandung sari murni buah noni dari Tahiti dan ditambah sari buah anggur dan blueberry. Dimana buah anggur dan blueberry juga mengandung zat aktif yang bisa membantu sel-sel tubuh dalam melawan sel-sel kanker.penyakit-diabetes-sembuh

Tahitian Noni Juice ini juga sudah mendapatkan hak paten mengenai khasiat dan manfaatnya dalam mengobati banyak penyakit, beberapa diantaranya hak paten dari:

  • Amerika Serikat pada bulan Juli 2006 dengan No. 7.070.813 : Preventative and Treatment Effects of Morinda Citrifolia as a Colon Cancer Cell Growth Inhibitor.
  • Amerika Serikat pada bulan Maret 2006 dengan No. 7.018.662 : Palliative Effects of Morinda Citrifolia Oil and Juice.
  • Amerika Serikat pada bulan Februari 2005 dengan No. 6.855.345 dan No. 7.186.422 pada bulan Maret 2007 : Preventative and Treatment Effects of Morinda Citrifolia on Diabetes Mellitus

 

Selain itu, pengakuan dari dokter-dokter spesialis kanker dan penerbitan manfaat dan khasiat Tahitian Noni Juice yang telah dirilis di beberapa Journal tentang riset ilmu pangan dimana dalam riset tersebut menyatakan bahwa Tahitian Noni Juice aman untuk dikonsumsi dan bisa mengobati penyakit diabetes, dapat semakin memperkuat alasan untuk mengkonsumsi Tahitian Noni Juice sebagai obat untuk penyakit diabetes, atau tindakan preventif

Share