Tips Diet Untuk Para Penderita Diabetes

penyembuhan diabetes

Bagi para penderita diabetes, mereka harus memilih makanan dan minuman yang tepat untuk dikonsumsi. Mereka harus membatasi makanan tidak hanya yang mengandung gula saja tetapi juga makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bagi anda yang ingin melakukan diet untuk diabetes, anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging merah secara berlebihan. Jika anda tidak mau beresiko terhadap penyakit yang satu ini, anda sebaiknya menghindari daging merah tidak memandang apakah anda merupakan pecinta sate atau steak. Berdasarkan penelitian in dari Hardvard School, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang yang setiap hari mengkonsumsi sedikitnya 50 gr daging merah akan beresiko lebih tinggi terhadap diabetes. Bahkan, presentasi kemungkinan terhadap diabetes memiliki kemungkinan 51 persen dibandingkan dari mereka yang tidak mengkonsumsi daging setiap hari. Jadi, penderita diabetes tidak hanya harus mengurangi konsumsi makanan berkadar gula tinggi, tetapi harus mengurangi konsumsi daging. Hal ini tidak lantas anda harus berhenti makan daging merah. Anda masih diijinkan untuk mengkonsumsi daging paling tidak 2 kali dalam seminggu dengan porsi sedang. Memilih makanan untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes merupakan hal yang sangat penting karena jika penderita diabetes asal makan makanan, hal ini bisa membuat gula darah mereka meningkat tidak terkendali. Oleh karena itulah para penderita diabetes harus sangat selektif dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Banyak penderita diabetes kurang begitu mengerti bagaimana memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Jika anda dapat memilih makanan yang sesuai, anda dapat menjaga kadar gula darah senormal mungkin. Lalu, makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Berikut ini merupakan makanan – makanan pokok yang diperlukan oleh tubuh diantaranya adalah biji-bijian, roti dan makanan sumber zat tepung lainnya, buah-buahan, produk susu, sayur – sayuran, minyak, dan lemak. Biji – bijian, roti, dan makanan sumber tepung yang lain mengandung mineral, serat, dan vitamin. Makanan yang tergolong dalam kategori pertama ini terdiri hampir dari karbohidrat kompleks. Di dalam tubuh, karbohidrat kompleks akan diubah menjadi gula untuk sumber energi. Walaupun karbohidrat membuat kadar gula darah di dalam tubuh meningkat, karbohidrat kompleks akan diserap lebih lama dibanding dengan karbohidrat sederhana. Untuk memilih makanan dengan karbohidrat komplek terbaik adalah beras merah, tepung whole wheat, sereal dengan sedikit gula, kentang panggang, dan roti whole grain. Anda tidak disarankan untuk memilih beras putih, tepung putih, roti putih, sereal yang kaya gula, dan kentang goreng.

snack-diabetes

snack-diabetes

Mengkonsumsi sayuran merupakan salah satu hal yang dianjurkan bagi anda yang melakukan diet untuk diabetes. Sayur – sayuran kaya akan vitamin dan mineral dan juga mengandung karbohidrat. Pada umumnya, kandungan karbohidrat di dalam sayuran lebih sedikit jika dibandingan dengan kadar karbohidrat di dalam buah. Ada banyak jenis sauran yag rendah lemak dan kaya akan serat. Sayuran seperti jagung dan kentang tidak masuk kedalam kategori ini karena mengandung zat tepung. Jagung dan kentang masuk dalam kategori biji – bijian, roti, dan makanan sumber tepung. Sayuran segar baik dikonsumsi mentah atau dibungkus. Untuk sayuran beku dapat dipanaskan sebentar sebelum dikonsumsi. Selada segar, kol, atau ketimun segar juga dapat menjadi salah satu alternative untuk dikonsumsi. Tidak semua sayuran baik dikonsumsi oleh penderita diabetes seperti sayuran kaleng yang ditambah banyak sodium, atau sayuran yang dicampur mentega, saus, atau keju. Selain itu, asinan dan acar juga merupakan pilihan yang kurang tepat.

Selain sayuran, buah – buahan juga merupakan makanan yang penting untuk dikonsumsi karena makanan ini mengandung, serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Pada dasarnya, buah merupakan makanan rendah lemak dan sodium. Namun, ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dibanding dengan sayuran. Anda dapat mengkonsumsi buah segar, buah beku, selai buah rendah gula atau bebas gula,jus buah bebas gula, dan jus rendah karbohidrat. Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah kalengan yang kandungan sirup gulanya tinggi, jelly reguler, roti buah kenyal, saus apel dengan pemanis, minuman jus buah, minuman buah, dan soda yang mengandung pemanis. Daging merupakan makanan yang kaya akan protein. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi daging dengan jumlah sedikit dan tidak terlalu sering masih diperbolehkan. Anda dapat mengkonsumsi daging yang direbus atau dipanggang. Pilihlah daging yang rendah lemak misalnya sirloin, daging ayam tanpa kulit, keju rendah lemak, ikan kukus atau panggang, tahu tumis atau kukus. Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging goreng, ikan goreng, kedelai yang dimasak menggunakan lemak atau minyak, tulang rusuk, unggas beserta kulit, tulang rusuk, dan tahu goreng. Makanan – makanan yang sudah digoreng memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi dan kaya akan lemak. Menjadi penderita memang tidaklah mudah karena anda harus melakukan apa pun serba hati – hati. Hanya melakukan diet untuk diabetes dan makanan – makanan sehat saja tentu belum bisa menyembuhkan penyakit diabetes anda. Anda memerlukan obat alternative yang benar – benar ampuh dan dapat bekerja efektif untuk tubuh anda. Tahitian Noni merupakan salah satu produk yang telah terbukti berhasil untuk menyembuhkan diabetes. Sudah banyak para ahli kesehatan yang menguji produk ini dan mereka menyatakan bahwa produk ini memang benar – benar dapat bekerja secara efektif untuk menyembuhkan diabetes. Sembuh dari penyakit diabetes tentu seperti hal yang terlihat mustahil. Namun, sekarang semuanya menjadi mungkin dengan adanya produk Tahitian Noni yang akan membantu menyembuhkan diabetes anda.

Share